RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi

terbaik di sumatera tengah

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Rabu, 22 April 2009

Sejarah RSUD Dr. Achmad Mochtar

Diposting oleh rsud dr. achmad mochtar

RSUD Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi adalah rumah sakit pemerintah daerah Bukittinggi yang dikepalai oleh seorang direktur yang dibantu oleh tiga orang wakil direktur RSUD Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi adalah rumah sakit kelas B yang terletak di kotamadya Bukittinggi, Sumatra Barat



RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi didirikan pada tahun 1908 oleh pemerintah Belanda dan digunakan sebagai rumah sakit Militer. Pada waktu pendudukan Jepang, rumah sakit tersebut diambil alih

tetapi tetap digunakan sebagai rumah sakit militer. Setelah kemerdekaan RI sampai tahun 1952 rumah sakit ini digunakan sebagai rumah sakit tentara.

Pada tanggal 8 september 1952 rumah sakit ini diserahkan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tenaga Kerja, yang waktu ini masih berstatus Sumatera Tengah, kemudian menjadi rumah sakit umum Bukittinggi milik PEMDA Tingkat I Sumatera Barat.

Pada tahun 1979 rumah sakit ini ditetapkan sebagai rumah sakit umum Bukittinggi kelas C, dengan 250 buah tempat tidur. Kemudian pada tanggal 1 oktober 1981 resmi memakai nama RSUD Dr. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI yang diberikan langsung oleh Menkes RI saat itu, yaitu Bapak Dr. Suwarjono Suryaningrat. Nama tersebut dipakai karena Bapak Dr. Achmad Mochtar adalah seorang dokter yang berasal dari Bonjol, Sumatera Barat yang berjasa ditingakat nasional yang telah dianugrahi tanda jasa Satya Lencana Kebaktian Sosial tahun 1968 dan tanda kehormatan bintang jasa kelas III.
Dalam pelita IV dan V RSAM merubah secara lama peninggalan Belanda menjadi bangunan baru, dengan bantuan dana APBN, OPRS dan Dana Pemda Tk. I Sumatera Barat.

Sejak tanggal 30 November 1987 RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi diresmikan dari rumah sakit kelas C menjadi rumah sakit kelas B dengan jumlah tempat tidur 320 buah. Selanjutnya dengan persetujuan Menteri Dalam Negeri No.061/2688/SJ tanggal 9 September 1997 tentang persetujuan RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi menjadi rumah sakit kelas B pendidikan dan Perda No.7 tahun 1997 tentang Organisasi dan Tata kerja RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.

6 komentar:

sixma mengatakan...

wah ternyata rsam dah lama banget yah..
dari jaman belanda..:)

terus berjuang

pendi jayastra mengatakan...

koq masih kelas B..?????
jadikan kelas A ya, atau A+
:)

Putri mengatakan...

kQ Lah Barubah c Pendi???
td put caLiak ndak bantuak iko do???
batuka2 c mah...

yang ma yang batua pen???

Ryan mengatakan...

foto RSAMnya mana?

Anonim mengatakan...

katanya RS terbaik di sumatera tengah, internet merambah RSAM...tapi nyari nomer telp RSAM dari website ini aja nggak nemu :p

pakdhal mengatakan...

Kalau bisa disebutkan pimpinan rumah sakit ini semenjak berdiri sampat sekarang agar sejarahnya bisa ditelusuri kemajuan yang dicapainya oleh setiap pimpinan itu semenjak direktur yang pertama sampai gy terakhir itu.

Posting Komentar